Melihat Sultan dari Sisi Lain, Bernyanyi dan Joged Bersama Paskibra DIY

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA (KRjogja.com) – Ada hal menarik yang terjadi di Bangsal Kepatihan, Kamis (18/8/2016) saat Gubernur DIY yang juga Raja Kraton Yogyakarta, Sri Sultan HB X bertemu dengan anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) yang telah usai menjalankan tugas pada upacara HUT RI ke-71 kemarin. Sultan yang tampak cukup berwibawa dengan batik hijau abu-abu tak segan naik ke atas bangsal dan menyanyikan dua lagu lawas yang diiringi musik dangdut.

 

Sontak saja 500-an anak-anak muda dari Paskibra naik ke atas panggung dan berjoget bersama Sultan. Momen tersebut terlihat cukup jarang disaksikan terutama saat Sultan bertemu tamu di kawasan Kompleks Kepatihan.

Dua lagu yakni Kharisma Cinta yang dipopulerkan Broery Marantika dan Kisah Kasih di Sekolah yang dipopulerkan Chrisye dinyanyikan Sultan dengan latarbelakang anak-anak Paskibra yang berjoget meriah layaknya di acara-acara televisi musik pagi. "Isone lagu kui (bisanya lagu itu)," ungkap Sultan tersenyum pada wartawan.

Sultan tampaknya tahu betul betapa anggota Paskibra telah mengerahkan segala daya dan kemampuan untuk berlatih selama 19 hari kebelakang. Berbagai latihan mulai dari baris berbaris hingga penanaman moral dan pendidikan kepribadian dijalani anak-anak tersebut dalam karantina di bawah Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga DIY.

Gerakan-gerakan jenaka yang seolah melepaskan beban berat menerima tugas menjadi pengibar bendera merah putih pun seakan lepas saat mereka berjoget bersama Sultan. "Kemarin dari tanggal 1 Agustus harus bangun pagi dan latihan, sekarang lumayan lega rasanya karena tugas sudah selesai," ungkap salah satu Paskibra Cantika Krisna. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI