Memuliakan Jamaah, Mengelola Masjid Secara Profesional

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Saat ini banyak masjid berdiri hampir di setiap sudut kota. Banyaknya tempat ibadah umat Islam tersebut juga diiringin dengan padatnya jamaah yang selalu datang ke masjid untuk beribadah. Hal tersebut menuntut kerja ekstra para pengurus masjid untuk dapat memberikan pelayanan terbaik bagi jamaah.

Ketua Dewan Syuro Masjid Jogokariyan, Ustadz Muhammad Jazir mengatakan, takmir memiliki peran penting dalam memakmurkan masjid. Masjid tak hanya sebagai tempat ibadah saja, melainkan juga wadah bagi jemaah untuk beraktivitas sosial dan bermasyarakat.

"Kita ingin belajar bagaimana para pengelola masjid itu bisa membangun masjid yang bagus dan membiayai masjid melalui usaha yang dikelola. Sehingga masjid tidak bergantung dan membebani masyarakat," kata Jazir saat bersilaturahmi di Kantor PT BP Kedaulatan Rakyat yang diterima langsung Direktur Utama Muhammad Wirmon Samawi SE MIB didampingi Direktur Keuangan Imam Satriadi SH dan Direktur Produksi Baskoro Jati Prabowo SSos, Selasa (03/09/2019).

Untuk dapat mengelola masjid dengan baik tentunya membutuhkan perhatian dan kepedulian dari para takmir maupun jamaah. Tujuannya tak lain agar seluruh umat Islam bisa memperoleh kemuliaan dan keberkahan atas ibadahnya yang telah dilakukan di masjid.

Manajemen Masjidku Hasanahku berencana bakal menggelar workshop nasional manajemen masjid yang akan dilaksanakan di Hotel Tentrem Yogyakarta, Minggu (07/09/2019) mendatang. Mengambil tema 'Belajar dari Pendiri Masjid-Masjid Besar di Indonesia', workshop ini akan mengupas pengelolaan masjid.

Menurutnya seminar tersebut mencoba memberikan inspirasi supaya orang tidak berfikir bahwa masjid itu konvensional. Karena umumnya ketika akan membangun masjid masyarakat repot kesana kemari mencari sumbangan, apa lagi hingga harus memasang kotak sumbangan di pinggir jalan.

"Kita membangun mesjid dengan usaha. Demikian juga dengan pengelolaan dan pembiayaan masjid. Sehingga masjid tidak menjadi beban masyarakat, syukur lagi bisa membantu problem di kalangan masyarakat," ucapnya.

Sebagai narasumber dalam workshop tersebut diantaranya Ketua Dewan Syuro Masjid Jogokariyan Ustadz Muhammad Jazir, Pendiri Masjid Suciati Saliman Sleman Hj Suciati Saliman. Hadir pula memberikan materi yakni Pendiri Masjid Akbar Moed'har Arifin Gresik H Achmad Djauhar Arifin dan Pendiri Masjid Siti Aisyah Solo H Setiyo Joko Santosa. (Ive)

BERITA REKOMENDASI