Mencalonkan DPD RI, Siapa Sosok Fidelis?

YOGYA, KRJOGJA.com – Dr Fidelis Indriarto Diponegoro menjadi salah satu calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD) DIY. Laki-laki kelahiran 24 April 1973 ini menghabiskan masa kecilnya di Yogyakarta bahkan masa sekolah dan kuliahnya juga di kota pelajar ini.

Pria yang memiliki ciri khas tahi lalat di bagian keningnya ini dikenal dengan panggilan Fidelis. Saat kuliah, ia mengambil statistika Universitas Gajah Mada lulus pada tahun 1996. Sedangkan untuk pendidikan S2 nya ia mengambil Mangister Managemen Undip Semarang di tahun 2006, tidak bosan dengan jenjang pendidikannya, Fidelis kembali ke Yogyakarta untuk meneruskan S3 nya dengan mengambil Kajian Budaya dan Media di UGM lulus pada 2016.

Sejak tahun 2000-2014 ia bekerja di salah satu perusahaan rokok hingga karirnya naik menjadi manajer yang berlokasi di Yogya. Dari keteranganya kepada KRjogja.com, semakin hari ia melihat dan memperhatikan sektor perekonomian masyarakat Yogya yang tidak merata. Berangkat dari rasa kegelisahanya itu, pada tahun 2014 ia mulai mengkiprahkan karirnya di politik untuk mencalonkan diri sebagai DPD DIY.

Namun karirnya tidak berjalan dengan baik karena ia tidak dapat memenangkan pemilu pada tahun 2014. Setelah kekalahanya pada pemilu bukan membuatnya menyerah tapi membuat dirinya banyak belajar dan melihat lebih dalam peran DPD kepada masyarakat. 

"Setelah kekalahan di tahun 2014, saya memutuskan untuk keluar dari pekerjaan saya dan melanjutkan S3 di UGM sembari menjadi petani udang di Purworejo Jawa Tengah," tutur Fidelis. 

Di pemilu serempak 2019, Fideli mencalonkan kembali menjadi Dewan Perwakilan Daerah DIY dengan visi misi yang lebih baik dan membumikan keistimewaan yang ada di DIY dan dapat dirasakan oleh mayarakat setempat.

"Alhamdulilah saya sudah banyak dibekali banyak pelajaran yang saya dapat dari pemilu 2014 dan setelahnya sehingga saya ingin membangkinkan peran DPD DIY sebagai pengelolaan sumber daya alam dan sumber daya ekonomi lainnya," katanya.

Selain itu, Fidelis ternyata juga merupakan sosok yang gemar mengarang lagu dan merupakan calon DPD RI termuda di tahun 2019. "Saya masih jadi calon DPD DIY yang muda setelah tahun 2014," pungkasnya. (Ive)

BERITA REKOMENDASI