Mencontek, Terapkan Jiwa Korupsi Sejak Dini

YOGYA, KRJOGJA.com – Deputi II Kepala Staf Kepresidenan Yanuar Nugroho menilai mencontek di sekolah tidak bisa dianggap sepele karena menerapkan jiwa korupsi sejak dini.

"Korupsi tidak bisa dilihat sesederhana perihal akhlak. Korupsi adalah struktur yang mempengaruhi kita bahkan dimulai dari hal kecil dalam kehidupan sehari-sehari maka cara menghilangkannya juga harus secara struktural," katanya saat Talkshow: Dini Lawan Korupsi pada Kamis (21/12) malam di Kafe Loteng, Kompleks Museum Affandi. 

Dia menjelaskan berdasarkan penelitian OECD, tingkat kepercayaan masyarakat Indonesia berada pada peringkat pertama di dunia. Karena itu, rakyat bersama pemerintah harusnya bisa berbarengan membangun struktur baru untuk memberantas struktur lama.

"Tidak cukup hanya mengandalkan politisi, birokrat, dan penegak hukum. Rakyat harus ikut mengorganisir diri sendiri untuk memberantas korupsi," tegas Yanuar.

Yanuar meminta kepada peserta talkshow jangan hidup dalam ilusi bahwa pemerintah bisa menyelesaikan segala-galanya. Pemerintah dan masyarakat perlu duduk bersama untuk menyelesaikannya.

"Kemudaan anda punya potensi. Jangan hanya menunggu pemerintah. Dorong institusi terdekat anda untuk terbuka dan transparan perihal dana," pungkasnya. (Hesty Junika)

BERITA REKOMENDASI