Menderita Sakit Jantung, Satu Anggota DPRD DIY Belum Dilantik

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Pelantikan anggota DPRD DIY periode 2019-2024 Senin (02/09/2019) lalu ternyata hanya diikuti 54 orang dari total 55 anggota. Satu legislator Partai Gerindra Yose Rizal tak ikut dalam pelantikan akibat terkena penyakit jantung.

Anggota Fraksi Gerindra yang juga calon wakil ketua DPRD DIY Anton Prabu Semendawai mengungkap saat hari pelantikan 2 September lalu, Yose dirawat di rumah sakit akibat penyakit jantung yang diderita. “Saat itu dirawat di JIH, karena sakit jantung. Ada surat dari rumah sakit sudah di fraksi, tapi sekarang beliaunya sudah di rumah,” ungkapnya pada wartawan di DPRD DIY, Kamis (05/09/2019).

Baca juga :

Dilantik dan Belum Bekerja, Anggota DPRD DIY Langsung Terima Gaji Puluhan Juta
Gerindra Pilih Anton Prabu Jadi Wakil Ketua DPRD DIY, Ini Alasannya

Anton mengungkap Yose Rizal belum nantinya harus menjalani pelantikan dan pengambilan sumpah dalam rapat paripurna istimewa. Namun waktunya paling cepat sesuai ketentuan awal baru 6 Oktober 2019 mendatang.

“Masih harus menunggu ketua dan wakil ketua definitif dulu, baru bisa dilakukan rapur istimewa. Bagaimanapun sumpah itu penting sekali dan harus dilakukan karena amanat undang-undang dan dampaknya pada kode etik,” sambung Anton.

Lantaran belum menjalani pelantikan dan pengambilan sumpah, Yose menurut Anton masih belum bisa mendapatkan hak-hak sebagai anggota dewan. “Kalau SK Mendagri dan KPU sudah ada, tapi belum dilantik ya belum bisa mendapatkan hak. Tapi nanti ketika sudah dilantik yang langsung dirapel,” ungkapnya lagi.

Sementara Gerindra sendiri sudah menyerahkan nama calon wakil ketua DPRD DIY dan Ketua Fraksi Gerindra ke Sekretariat Dewan sejak dua minggu lalu. Nama Anton Prabu dipastikan jadi wakil ketua bersama wakil PKS dan PAN. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI