Mendisiplinkan Warga Lakukan Isolasi Mandiri, Perlu Motivasi

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Anggota Tim Perencanaan Data dan Analisis Gugus Tugas Penanganan Covid19 DIY dr Riris Andono Ahmad MPH PhD menyampaikan, perlu motivasi agar masyarakat bisa lebih sadar mendisiplinkan diri tinggal di rumah ataupun melakukan isolasi diri guna memutus rantai penyebaran virus Korona yang saat ini sudah bertransmisi lokal di DIY. Motivasi tersebut sangat tepat disampaikan Sultan HB X yang tidak hanya Gubernur DIY, tetapi juga Raja Kraton Yogyakarta.

”Mungkin perlu diberikan motivasi mengapa perlu tinggal di rumah, misalnya agar tidak membawa virus Korona masuk ke rumah dan menularkan ke orang-orang terdekat. Apalagi yang sudah lanjut usia (lansia) seperti bapak, ibu, kakek, nenek dan sebagainya. Motivasi ini sangat solid harus diberikan karena situasi kebatinan masyarakat dengan aturan harus tinggal di rumah sudah sangat jenuh. Saya harap nama Ngarsa Dalem bisa memberikan motivasi tambahan kepada masyarakat agar tetap tinggal di rumah,” papar Riris.

Riris mengatakan, tetap diperlukan penekanan apabila masyarakat ternyata tetap nekat keluar rumah, yang beresiko tidak hanya mereka sendiri tetapi keluarganya. Namun selain jenuh, masyarakat mulai enggan tinggal di rumah karena terkait mata pencaharian juga.

Sebab physical distancing ini sudah berjalan dua bulan sehingga bagi sebagian orang terutama kalangan menengah ke bawah, memikirkan untuk memenuhi hajat hidup dan keluarganya. Di sini Pemerintah juga harus memikirkan Jaring Pengaman Sosial bagi masyarakat yang dua bulan ini tidak bekerja atau bahkan kehilangan mata pencahariannya karena terdampak wabah Covid-19. (Ria/Ira)

BERITA REKOMENDASI