Mendorong Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kampung Jagalan Beji, Purwokinanti, Kemantren Pakualaman, Yogyakarta. Mahasiswa mengikuti KKN UAD Alternatif-75 unit VIIC1 dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Musfirah SSi MKes, sekaligus sebagai pemberi materi tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

“Pada masa pandemi seperti saat ini kita wajib menjaga pola hidup bersih dan sehat agar dapat terhindar dari virus yang ada di sekitar,” kata Musfirah MKes, Rabu (22/12/2021).

Dijelaskan, salah satu program kerja memberikan sosialisasi PHBS dan kegiatan PHBS. Kegiatan sosialisai Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) ini diberlangsung di Balai Serbaguna RW 03 Beji, Purwokinanti, Kemantren Pakualaman, Minggu lalu. Kemudian untuk kegiatan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dilaksanakan di lingkungan RW 02 dan 03 Kampung Beji, Purwokinanti, Kemantren Pakualaman, Yogyakarta. Kegiatan ini diikuti oleh masyarakat Kampung Beji RW 02 dan RW 03 dengan jumlah peserta 25 orang.

Menurut Musfirah, tujuan dari kegiatan ini edukasi langsung kepada masyarakat Kampung Beji agar selalu menaati Program Kesehatan yang sudah diatur oleh pemerintah, seperti menggunakan masker dalam beraktivitas, selalu mencuci tangan setelah melakukan interaksi dengan orang lain, dan yang terpenting yaitu tetap menjaga kebersihan lingkungan agar terhindar dari segala penyakit.

“Terutama pada saat ini sudah memasuki musim penghujan banyak sekali nyamuk yang mengakibatkan Demam Berdarah Dengue (DBD),” katanya.
Ditambahkan, kegiatan ini juga diharapkan mampu menumbuhkan tali silaturahimi antara mahasiswa KKN UAD dengan masyarakat Kampung Beji. Mahasiswa KKN UAD juga melakukan kegiatan penyemprotan disenfektan dan menyediakan air untuk cuci tangan dalam upaya pencegahan Covid-19, kegiatan ini termasuk kedalam pola hidup bersih dan sehat agar masyakarat lebih peduli lagi dengan kesehatan dan kebersihan di Kampung Beji Purwokinanti, Kemantren Pakualaman.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini masyarakat tetap menjaga kesehatan di masa pandemi Covid-19 ini, dengan kondisi kampung yang bersih dan sehat. Harapannya warga masyarakat menjadi bahagia, sehat dan aman. Warganya terhindar dari segala penyakit,” tandasnya. (Jay)

BERITA REKOMENDASI