Mengenang Jasa Pahlawan, Malam Renungan di Depan ‘Pak Soedirman’

YOGYA, KRJOGJA.com – Kapolda DIY Brigjen Pol Ahmad Dofiri, Komandan Lanud Adisutjipto Marsma TNI AU Novyan Samyoga dan Komandan Lanal Yogyakarta Kolonel Laut (P) Arya Delano, membacakan puisi di depan Patung Jenderal Soedirman dalam acara Malam Renungan di Alun-alun Utara Yogyakarta, Minggu (14/1/2018) malam. Acara bertajuk 'Penghormatan kepada Para Pahlawan' itu merupakan rangkaian Pameran Retrospeksi Pematung Yusman bekerja sama dengan Jogja Gallery, Ikatan Keluarga Alumni Lemhanas (IKAL) DIY dan Yayasan Soedirman.

Kapolda membacakan puisi ciptaan Asrul Sani berjudul 'Lagu dari Pasukan Terakhir' dengan penuh semangat dan penjiwaan. Puisi tersebut menceritakan otokritik prajurit kepada komandan/pemimpinnya. Kapolda sangat mengapresiasi acara malam renungan ini yang melibatkan unsur TNI, Polri, Pemda, tokoh masyarakat, seniman dan masyarakat luas. Kapolda juga mengapresiasi pameran patung Yusman yang banyak menampilkan tokoh Pahlawan Nasional. "Acara baca puisi bersama ini menjadi perekat seluruh elemen masyarakat," terang Kapolda kepada KRJOGJA.com, usai acara.

Menurut Dofiri, pameran patung Yusman sangat kental nilai-nilai nasionalisme dan kepahlawanan. Ini menjadi inspirasi bagi masyarakat terutama generasi muda untuk lebih menghargai jasa-jasa besar pahlawan dalam mengorbankan jiwa dan raga demi bangsa Indonesia. "Rasa cinta Tanah Air dalam diri para generasi muda akan diimplementasikan dalam bentuk mengisi kemerdekaan dengan sebaik-baiknya untuk kejayaan bangsa," ujar Dofiri.

Yusman mengaku sangat tersanjung pamerannya mendapat apresiasi masyarakat luas. Menurutnya, pameran ini merupakan yang pertama kali, sebagai bentuk pertanggungjawaban seorang seniman selama berkarya. Setelah pameran ini, Yusman akan mengerjakan pembuatan patung Bung Karno berbahan perunggu di Meksiko. "Sebagai seorang seniman saya merasa sangat tersanjung karena Kapolda, Danlanud, Danlanal bersedia hadir dan membacakan puisi di acara ini," katanya.

Turut membacakan puisi antara lain, Ketua IKAL Komisariat DIY Sugiyanto, para tokoh seni seperti Sitoresmi Prabuningrat, Yati Angkoro dan lain-lain. Setelah baca puisi mereka menyanyikan lagu Indonesia Pusaka dan ditutup doa oleh Kepala Kesabangpol DIY Agung Supriyanto. Acara dipandu tiga MC yaitu Indro Kimpling, Jumali Nur Ridho dan Supriyanto, dimeriahkan penampilan spesial Jogja 45 dan Paduan Suara Soedirman Center. (Dev)

BERITA REKOMENDASI