Mengerem Laju Penularan Covid-19 Pilihan Terbaik

YOGYA, KRJOGJA.com – Karakteristik Virus SARS-Cov2 yang menyebabkan penyakit Covid-19 adalah penularannya sangat cepat dan saat ini sudah berada di tengah-tengah masyarakat. Sehingga misi terbaik saat ini yang harus dilakukan oleh semua unsur masyarakat adalah mengerem laju penularannya.

Demikian dikatakan Epidemiolog UGM dr Citra Indriani MPH dalam webinar Karangmalang Education Forum-KEF#6 bertema ‘Sehat di Era Covid-19’, Sabtu (15/8). Webinar menghadirkan dua narasumber lain Ahli Geriatri UGM Dr dr Probosuseno SpPd K-GER FINASIM SE dan Ahli Fisiologi Olahraga UNY sekaligus Ketua LPPM UNY Prof Dr Siswantoyo MKes dipandu moderator Pemimpin Redaksi SKH Kedaulatan sekaligus Dewan Pertimbangan UNY Drs Octo Lampito MPd. Webinar KEF#6 diselenggarakan oleh Dewan Pengurus Pusat, Ikatan Keluarga Alumni, Universitas Negeri Yogyakarta (DPP IKA UNY). Ikut dalam webinar Ketua DPP IKA UNY Prof Suyanto PhD dan Rektor UNY Prof Dr Sutrisna Wibawa MPd.

Menurut Citra, strategi pengendalian Covid-19 di Indonesia dengan menekan transmisi penularan dimaksudkan agar puncak grafik penularan melandai, meskipun konsekuensinya durasi epidemi menjadi lebih lama. Ini lebih baik daripada puncak grafik penularan sangat tinggi yang artinya banyak orang tertular dalam waktu pendek dengan konsekuensi tingkat kefatalan/kematian juga tinggi. “Strategi pengendalian Covid-19 di Indonesia sudah bagus di mana puncak grafik penularan tetap melandai, sehingga sistem kesehatan (rumah sakit) tetap mampu (tidak kewalahan) menangani pasien yang sakit akibat Covid-19,” katanya.

BERITA REKOMENDASI