Mengintip Wisuda ‘Drivethru’ Siswa SMK Budi Mulia Dua

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Pandemi Covid-19 membuat masyarakat harus melakukan berbagai penyesuaian dalam menjalani kehidupan. Salah satu yang terpaksa berubah pada momen saat ini adalah pengumuman kelulusan serta wisuda siswa yang dibuat tanpa kerumunan.

SMK Budi Mulia Dua salah satu yang menerapkan prosedur berbeda dalam wisuda siswa kali ini, Senin (22/06/2020). Para siswa beserta orangtua tetap datang ke sekolah namun menggunakan sistem drivethru layaknya saat hendak memesan makanan di resto cepat saji.

Mengendarai motor atau mobil, siswa dan orangtua lantas diarahkan untuk melaju masuk ke halaman depan sekolah setelah sebelumnya dicek suhu tubuh dan menggunakan hand sanitizer di pos satpam. Siswa akan melewati cek poin pertama, diberikan paket berisi medali dan ucapan terimakasih.

Di dalam mobil, orangtua akan diminta mengalungkan medali pada putra-putrinya. Di halaman utama tersedia panggung untuk berfoto di mana siswa akan menggunakan medali tanda kelulusan yang dikalungkan sebelumnya di dalam mobil oleh orangtua.

Mereka akan berfoto seperlunya untuk kenang-kenangan menyelesaikan pendidikan di sekolah tersebut bersama kepala sekolah. Mobil atau motor orangtua siswa lantas bergerak menuju halaman belakang sekolah untuk berfoto bersama keluarga dan lalu pulang ke rumah masing-masing.

Fitri Kurnia Siska Wulansari, Penanggungjawab Acara Wisuda SMK Budi Mulia Dua mengungkap prosesi wisuda berlangsung dengan cukup cepat sebagai upaya menerapkan protokol kesehatan sekaligus mencegah kemungkinan penularan Covid. “Untuk lima siswa hanya butuh waktu 30 menit saja, jadi sangat cepat dan seluruh proses mengikuti protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah,” ungkapnya.

Sebelum wisuda, para siswa dibekali dengan video simulasi untuk mempermudah penjelasan proses di hari H. “Sebelumnya kami bagikan video simulasi, lalu ada ketentuan protokol kesehatan wali dan siswa-siswi,” pungkasnya. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI