Mengungkap Misteri Jatidiri Nyi Roro Kidul

Editor: Ivan Aditya

KEBERADAAN Pantai Selatan tak bisa dilepaskan dari kehidupan masyarakat Jawa, khususnya Yogya. Berbagai cerita yang selalu menyertainya seakan menambah panjang misteri pantai di selatan pulau Jawa tersebut yang tak pernah terungkap. Mitos larangan bepakaian warna hijau, banyaknya korban terseret ombak hingga adanya hubungan Pantai Selatan dengan Kraton Yogyakarta menjadi bagian cerita tanpa akhir Pantai Selatan.

Bicara soal Pantai Selatan pasti akan dilekatkan dengan sosok Nyi Roro Kidul yang tak lain dipercaya sebagai ratu gaib penguasa tempat tersebut. Paras cantiknya terkadang digambarkan sebagai sosok jahat yang siap meminta korban siapapun pelangar pantangan di Pantai Selatan, namun ada pula anggapan meyakini Nyi Roro Kidul merupakan penguasa gaib yang siap mengayomi tanah Jawa terlebih Yogya dengan bala kekuatannya.

Banyak versi yang menerangkan tentang jati diri sang ratu. Ada yang mengatakan jika Nyi Roro Kidul merupakan keturunan keturunan Raja Airlangga dari Kahuripan hingga dengan Raja Kediri Jayabaya. Terdengar pula cerita Nyi Roro Kidul merupakan putri mahkota dari Kerajaan Galuh yang pernah hidup pada abad 13.

Namun yang paling santer dipercaya Nyi Roro Kidul merupakan puteri dari Kerajaan Pakuan Pajajaran. Raja bernama Raja Prabu Siliwangi memiliki banyak anak, salah satunya bernama Putri Kandita yang sangat cantik jelita mewarisi memiliki sifat ayahnya yang bijaksana.

Prabu Siliwangi sangat menyayangi Putri Kandita dan saat Putri Kandita beranjak dewasa ia menjadi pewaris tunggal Kerajaan Pakuan Pajajaran. Namun keputusan Prabu Siliwangi itu ditentang oleh anak maupun selir lainnya.

BERITA REKOMENDASI