Menhub: Jalur KA Lama Yogya-Magelang Sulit Dibuka

YOGYA (KRjogja.com) – Wacana pembukaan kembali jalur kereta api Yogyakarta-Magelang untuk mendongkrak pariwisata tampaknya bakal menemui jalan buntu. Kementrian Perhubungan (Kemenhub) menilai terlalu banyak permasalahan untuk menghidupkan kembali jalur yang sempat jafi primadona puluhan tahun silam. 

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi kepada wartawan di sela tinjauan ke Stasiun Tugu Yogyakarta, Selasa (27/12/2016) mengungkap jalur lama yang beberapa waktu lalu disurvei sebenarnya memiliki nilai teknis yang sangat baik. Namun demikian, Menhub menilai jalur tersebut sangat sulit dibuka kembali lantaran kawasan yang telah berubah fungsi sebagai ruang tinggal masyarakat. 

"Jalur lama tampaknya sulit untuk dibuka kembali, secara teknis memang bagus sekali tapi banyak permasalahan sosial. Secara hukum kemungkinan berat untuk bisa terealisasi," ungkapnya. 

Sebagai opsi, Kemenhub tampaknya akan membuka jalur baru yang akan selesai 2021. Namun, tantangan berat dari segi biaya masih merundung Kemenhub untuk merealisasikan wacana pembukaan jalur KA Yogyakarta-Magelang tersebut. 

"Biayanya paling tidak per kilometer Rp 400 miliar, jadi hitung saja kalau 40 kilometer tinggal dikalikan. Mungkin agak lama bisa terealisasi, 2021 itu masih kemungkinan," lanjutnya. 

Kemenhub saat ini masih terus melakukan kajian rute baru yang akan dijadikan lokasi pembangunan KA Yogya-Magelang. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI