Meningkatkan Kemampuan Desain Grafis Lewat ‘Sharing Class’

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Dalam rangka meningkatkan wawasan dan membangun kemampuan hardskill serta softskill tentang desain grafis, Jagonya Grafis berkolaborasi dengan Aksamata dan Art Satyagasty mengadakan Sharing Class mengenai Desain Grafis di Toean Watiman Jalan Taman Siswa Yogyakarta, Rabu (19/12/2018). Kegiatan bertema ‘Rahasia Bikin Baper Client : Membangun Hardskill dan Softskill sebagai kekuatan Desainer dalam menghadapi kompetensi di industri kreatif’ ini menghadirkan menghadirkan desainer grafis muda, Bentarestu Sadani dan Artwira.

Owner Jagonya Grafis, Indonmas Septinara mengatakan kegiatan ini diadakan ketiga kalinya dan setelah sebelumnya diadakan di Rumah Kreatif Jogja (RKJ) dan diikuti oleh 40 peserta. Selain para desainer grafis muda, acara ini juga diikuti oleh beberapa mahasiswa dari berbagai Universitas yang ada di Yogyakarta.

“Diadakannya sharing class ini bertujuan untuk memberikan edukasi, bagaimana mengupgrade dan membangun kualitas desainer dengan perpaduan hardskill dan softskill yang bagus agar bisa berkompetisi didunia kreatif,” kata Indonmas.

Para pemateri menyampaikan dasar-dasar dalam memulai sebuah desain grafis dan cara agar dapat mendesain dengan baik. Selain itu pemateri juga memberikan kiat-kiat membangun hardskill serta softskill agar para desainer muda dapat menjual diri mereka dan bisa mempublikasikan karyanya secara luas, terutama kiat-kiat untuk menarik minat klien dan menghadapi klien yang berbeda-beda keinginannya.

Selain materi tentang desain grafis, acara ini juga diselingi dengan permainan berkelompok yang bertujuan untuk mengasah kreatifitas dan berkolaborasi dengan peserta lain. “Harapan kedepannya, bisa mempunyai calon-calon desainer muda yang bisa berkolaborasi dengan kami serta lebih baik,” jelas Bentarestu.

Para peserta terlihat sangat antusias dalam mengikuti sharing class ini. Salah satu peserta mengatakan mengaku materi yang disampaikan sangat menarik serta banyak ilmu desain grafis yang didapatkan.

“Asyik, suka sama materinya karena hal yang kuanggap sepele ternyata punya peran besar untuk menarik minat klien. Harapannya semoga kelas semacam ini bisa terjadwalkan biar para desainer muda gak terkalahkan sama desainer tua,” ungkap Lia, salah satu peserta yang datang dari Sleman. (Betty Rofiatun Nisa)

 

BERITA REKOMENDASI