Meningkatkan Mutu Produk UMKM dengan Pengemasan

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Banyak aspek yang perlu diperhatikan untuk menjalankan UMKM tersebut, salah satunya yakni upaya meningkatkan produk melalui pengemasan produk. Untuk menunjang hal tersebut, mahasiswa KKN Alternatif 76 Unit I.C.1 Universitas Ahmad Dahlan melaksanakan kegiatan pelatihan UMKM yang melibatkan para anggota PKK RW 05 Prenggan Kotagede Yogyakarta.

Ketua Unit KKN Alternatif 76 Universitas Ahmad Dahlan, Rosyid mengatakan kegiatan telah dilaksanakan pada Minggu 26 Desember 2021 lalu. Kegiatan diawali dengan memberikan edukasi mengenai UMKM dan branding.

Ia menambahkan dalam suatu produk barang atau makanan yang akan dijual, penggunaan kemasan itu sangat penting karena digunakan untuk menjaga produk agar tetap aman dan kualitasnya terjaga. Pengemasan produk pada era saat ini sudah sangat maju dengan berbagai bentuk dan cara pengemasan yang unik.

“Kami berpikir edukasi pengemasan produk itu sangat penting karena produk dengan kemasan yang bagus dapat menarik perhatian dan mampu memikat pembeli,” kata Rosyid.

Tujuan dari kegiatan ini menurut Rosyid yakni untuk memberikan gambaran sekaligus praktek nyata bagi para pelaku UMKM dalam meningkatkan mutu produk dalam hal ini pengemasan produk. Dalam membuat kemasan produk, perlu diperhatikan beberapa hal penting diantaranya identitas produk, pemilihan materi sesuai dengan produk, menyesuaikan dengan brand dan target konsumen. (*)

BERITA REKOMENDASI