Menjaga Kebersihan Tangan Cegah Resistensi Antibiotik

YOGYA, KRJOGJA.com – Memperingati Global Hand Hygiene Day atau Hari Kebersihan Tangan Dunia setiap 5 Mei, Rumah Sakit Mata 'Dr Yap' Yogyakarta mengkampanyekan budaya cuci tangan di rumah sakit tersebut, Jumat (05/05/2017). 

Kegiatan yang diikuti tak kurang 100 peserta meliputi karyawan dan mitra ini terdiri dari senam sehat, pembubuhan cap tangan di atas spanduk dilanjutkan gerakan cuci tangan bersih dan diakhiri talkshow bertema resistensi antibiotik.

Ketua panitia dr Anggun Desi mengatakan, menjaga kebersihan tangan sangat penting untuk mencegah terjadinya infeksi bakteri pada tubuh, sehingga mengurangi penggunaan obat antibiotik. Penggunaan antibiotik sebisa mungkin dihindari dan Jika terpaksa diberikan harus dalam dosis yang tepat. Hal ini harus menjadi perhatian pasien maupun dokter, karena penggunaan antibiotik, secara tidak langsung membuat bakteri resisten (kebal) terhadap obat.

"Memang bakteri yang sensitif akan mati oleh obat antibiotik, namun ada bakteri yang resisten (kebal) yang kemudian bermutasi dan menularkan sifat kekebalannya itu ke bakteri yang lain. Jika ini tidak dikontrol akan menjadi masalah kesehatan dunia di masa yang akan datang. Bakteri akan sulit dibunuh dengan antibiotik," terang Anggun. (Dev)

BERITA REKOMENDASI