Menkominfo Sebut Indonesia Negara Digital 2035

YOGYA, KRJOGJA.com – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G Plate, memaparkan Indonesia siap menjadi negara digital pada tahun 2035. Pemerintah menurut dia kini tengah melakukan pembangunan infrastruktur telekomunikasi secara besar-besaran. 

Dibanding negara lain, upaya Indonesia membangun infrastruktur telekomunikasi relatif lebih menantang karena bentang alam. Indonesia terdiri dari 17 ribu pulau yang terhampar di seluruh negeri yang mana pemerintah berkomitmen menilai seluruhnya sama penting. 

“Presiden telah menjadikan pembangunan infrastruktur sebagai pusat dari agenda kerjanya. Namun kami tidak hanya membangun pelabuhan, jalan tol, atau bandara baru. Kami juga membangun jaringan serat optik, satelit multifungsi, dan base transceiver station (BTS) di seantero negeri," ungkap Johnny pada wartawan, Selasa (26/11/2019). 

Secara spesifik Menkominfo bahkan berani menyebut bahwa seluruh daerah nantinya akan mendapat fungsi internet hingga 10 Mbps yang tentu menjadi kabar gembira. Pasalnya, beberapa waktu ini masih ada provinsi, kabupaten, dan kota yang belum bisa memanfaatkan kemajuan teknologi karena tak ada akses jaringan internet. 

“Pembangunan infrastruktur komunikasi dan informasi besar-besaran inilah yang akan menjadikan Indonesia siap menjadi negara digital pada tahun 2035. Saat ini basis pengguna internet sebanyak 150 juta orang, tak salah bila Indonesia telah menjadi mesin digital Asia Tenggara. Dalam hal pengguna media sosial, Indonesia merupakan negara kelima yang paling aktif secara digital di dunia,” tandas dia. 

Untuk sisi SDM sendiri, Kominfo terus berkomitmen menggelar berbagai program seperti Keterampilan Digital Dasar melalui Gerakan Digital Siberkreasi, dilanjutkan dengan program Keterampilan Digital Menengah melalui Digital Talent Scholarship, dan program. 

Keterampilan Digital Lanjutan melalui Digital Leadership Academy. Semua program tersebut melibatkan berbagai pemangku kepentingan dan ekosistem, yaitu: perusahaan teknologi dan telekomunikasi, sekolah, lembaga pemerintah, dan komunitas lokal. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI