Merapi Erupsi Dua Kali Hari Ini, BPPTKG : Tinggi Kolom 6000 Meter

YOGYA, KRJOGJA.com – Berdasarkan informasi BPPTKG erupsi Gunung Merapi terjadi pukul 09.13 WIB, dan tercatat di seismogram dengan amplitudo 75 mm dan durasi 328 detik.

Teramati tinggi kolom erupsi ± 6.000 meter dari puncak. Arah angin saat erupsi ke barat. Erupsi kedua terjadi pada pukul 9.27 WIB dengan amplitudo 75 mm dan durasi 100 detik. Tinggi kolom erupsi tidak teramati. Masyarakat diimbau untuk tetap tenang. Jarak bahaya dalam radius 3 km dari puncak.

Dari pantauan warganet, dilaporkan hujan abu terjadi di beberapa kecamatan di sisi barat Merapi. Hingga pukul 10.00 WIB setidaknya dilaporkan hujan abu cukup deras terjadi di Desa Kemiren, Desa Srumbung dan Desa Banyuadem Kecamatan Srumbung Magelang.

Beberapa desa lain juga mengalami hujan abu vulkanik seperti Desa Kaliurang, Desa Kalibening, Desa Ngargosoko di Kecamatan Srumbung serta Desa Ngargomulyo dan Desa Keningar di Kecamatan Dukun. Dilaporkan pula beberapa wilayah seperti Muntilan wilayah selatan sudah mengalami hujan abu tipis siang ini pukul 10.50 WIB.

BPPTKG DIY sendiri sampai siang ini masih mengeluarkan himbauan yang sama untuk masyarakat agar tak beraktivitas di radius 3 kilometer dari puncak Merapi. Status Merapi pun tetap sama yakni Waspada (level II) yang diberlakukan sejak 21 Mei 2018. Adanya dampak abu vulkanik, masyarakat pun dihimbau untuk mengenakan pelindung diri seperti masker atau kacamata saat beraktivitas di luar ruangan.

Sebelumnya, Merapi tercatat mengalami dua kali erupsi pagi hari ini pukul 09.13 dan 09.27 WIB. Pukul 09.13 tercatat seismograf menunjukkan amplitudo 75 mm dengan durasi 328 detik yang menghasilkan kolom erupsi 6000 meter. Sementara erupsi kedua pukul 09.27 WIB tercatat seismograf amplitudo 75 mm dengan durasi 100 detik namun tinggi kolom tidak teramati. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI