Merapi Jadi Alasan Jogja Batal Tuan Rumah Piala Dunia U-20, PSSI Dikecam

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – PSSI melalui Ketua Umum, M Iriawan kembali mengeluarkan statement penegasan terkait tak dipilihnya DIY sebagai venue Piala Dunia U-20 tahun depan. PSSI mengatakan alasan FIFA khawatir dengan DIY yang memiliki gunung berapi aktif, Merapi.

Sontak saja pernyataan tersebut mengundang kecaman dari insan sepakbola di DIY. Iriawan dinilai menyampaikan alasan yang sebenarnya belum diputuskan FIFA plus tidak rasional terkait kekhawatiran pada Gunung Merapi.

Kuncoro Mangkunegoro, pegiat sepakbola DIY yang juga Komite Sepakbola Asprov PSSI DIY menyayangkan pernyataan ketua umum PSSI M Iriawan. Sampai saat ini disebut Kuncoro, FIFA belum mengkonfirmasi penunjukkan stadion-stadion yang akan digunakan sebagai venue.

“Saya juga hendak mengingatkan saat bidding awal dulu, kita menggunakan logo apa, Gunungan dan itu ada filosofinya. Sekarang muncul alasan kekhawatiran, takut pada Merapi,” ungkapnya pada KRjogja.com, Sabtu (4/7/2020).

Kuncoro justru menilai letak DIY sangat strategis dengan pairing city Solo yang memiliki stadion Manahan baru. Hal ini pastilah menjadi pertimbangan besar untuk disetujui FIFA, termasuk adanya bandara internasional baru dan predikat kota Pariwisata menjadikan kemudahan secara akses.

BERITA REKOMENDASI