Merapi Menggembung 12 Cm Perhari

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Gunung Merapi berstatus Siaga (level III) sejak 5 November lalu. Aktivitas vulkanik Merapi pun terus terjadi, dan tercatat setiap hari oleh BPPTKG.

Dari keterangan yang disampaikan Jumat (20/11/2020), sepanjang Kamis (19/11/2020) pukul 00.00 hingga 24.00 WIB, diketahui ada 7 kali suara guguran intensitas lemah hingga keras Merapi dari pos pengamatan Babadan. Visual pun sempat menangkap asap berwarna putih intensitas sedang dengan ketinggian 75 meter dari puncak.

Terkait tubuh gunung, diketahui masih terus terjadi penggembungan, teramati dari alat EDM yang dipasang di Babadan. Tercatat laju rata-rata deformasi sebesar 12 cm perhari.

Sementara untuk kegempaan, sepanjang kemarin tercatat 52 gempa guguran, 29 gempa vulkanik dangkal, 312 hybrid atau fase banyak dan 44 kali hembusan.

Kepala BPPTKG, Hanik Humaida mengatakan hingga saat ini status Merapi berada di Level III atau Siaga. Aktivitas masyarakat dihimbau tak dilakukan di dalam radius 5 kilometer dari puncak Merapi.

“Masyarakat agar tak beraktivitas di radius 5 kilometer dari puncak Merapi. Tetap ikuti informasi dari sumber yang terpercaya yakni BPPTKG,” terang Hanik. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI