Merapi Menggembung, Sultan Ingatkan Kesiapan Jalur Evakuasi

YOGYA, KRJOGJA.com – Gubernur DIY yang juga Raja Kraton Yogyakarta, Sri Sultan HB X mengingatkan pentingnya kesiapan jalur-jalur evakuasi di lereng Merapi. Di level II atau Waspada ini, Sultan menilai kesiapan menghadapi kemungkinan erupsi harus betul-betul dipastikan.

Kepada wartawan, Sultan menyampaikan bawasanya saat ini kondisi Merapi masih berada pada level II di mana aktivitas masyarakat masih boleh dilakukan di luar jarak 3 kilometer dari puncak. Warga lereng Merapi menurut Sultan sudah tahu persis tanda-tanda yang disampaikan Merapi apabila melakukan aktivitas.

“Selama ini warga masyarakat di lereng Merapi sudah tahu persis, meski kita mengatakan bahaya tapi warga masyarakatnya tahu dengan kondisi Merapi. Selama tidak ada hewan yang turun mengungsi selama itu tidak akan ada lava yang turun, mereka sudah tahu itu,” ungkap Sultan Kamis (9/7/2020).

Sultan juga menyampaikan meski dikabarkan adanya penggembungan, masyarakat lereng Merapi sudah tahu betul apa yang mesti dilakukan melihat pengalaman tahun 2010 lalu. Kendaraan dan barang berharga warga disebut Sultan sudah disiapkan dan mereka memiliki sistem tanggap darurat mandiri yang sudah sangat baik.

Barang berharga warga itu tidak pernah disimpan di kemari dan di kunci. Barang-barang itu sudah ditaleni bareng karo sak gantine, mereka sudah siap jadi Merapi itu masyarakatnya sudah tahu. Emas atau uang itu sudah diletakkan kain dan ditaleni, jadi mereka tak usah diajari apalagi ya ngajari orang kota,” sambung Sultan.

BERITA REKOMENDASI