Merapi Siaga, Pemda Harus Segera Simulasi Penanganan dengan Protokol Covid=19

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Merapi saat ini berstatus Siaga (Level III) setelah BPPTKG menaikkan pada Kamis (5/11/2020) kemarin akibat aktivitas vulkanik meningkat. Kesiapsiagaan kini mulai ditingkatkan sebagai antisipasi erupsi yang diprediksi mungkin terjadi melihat kenaikan aktivitas.

Ketua Komisi A DPRD DIY, Eko Suwanto meminta seluruh masyarakat untuk terus mengikuti perkembangan dari instansi resmi pemda, BPPTKG maupun media kredibel lainnya. Saat ini menurut Eko, seluruh pihak menghadapi tantangan berbeda dalam penanganan tanggap bencana Merapi akibay pandemi Covid.

“Saat ini, di masa penanganan Merapi kita berada di masa pandemi dan kami rekomendasikan pada Pemda untuk segera menyusun simulasi, melaksanakan mitigasi bencana. Kami sudah sampaikan kepada Pemda untuk segera melakukan mitigasi, rencana memprioritaskan keselamatan masyarakat di DIY khususnya yang terdampak Merapi dengan protokol Covid,” ungkap Eko pada wartawan di DPRD DIY, Jumat (6/11/2020).

Simulasi menurut Eko menjadi sangat penting dilakukan saat ini. Apalagi, kini dunia termasuk Indonesia dan DIY masih disibukkan dengan pandemi Covid untuk pencegahan penularan yang masih terus terjadi.

BERITA REKOMENDASI