Merawat Sejarah dengan Bersepeda

YOGYA, KRJOGJA.com – Paguyuban Onthel Djogjakarta (Podjok) bekerjasama dengan Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta gelar acara Jelajah Sepeda Wisata Sejarah (2/12). Kegiatan yang berpusat di Benteng Vredeburg ini mengambil tema Cintai Sejarah dengan Bersepeda, ingin menjawab keprihatinan masyarakat yang kurang mengenal sejarah.

Towil, ketua panitia mengungkapkan bahwa dengan bersepeda kita bisa mengenalkan sejarah kepada masyarakat, dengan bersepeda kita dapat menyinergikan berbagai tempat seperti Benteng Vredeburg, Museum Tamansiswa, Museum Perjuangan, Plengkung Gading, Taman Sari, dan Tugu Jogja. 

Selain hobi, acara ini juga memperkenalkan sejarah kepada masyarakat. "Selain menjadi hobi, kita berkeliling tempat bersejarah dan kami mengajak kepada komumitas sepeda untuk memberikan informasi sejarah  kepada," ungkap Towil disela acara.

Kegiatan yang diikuti kurang lebih 500 peserta ini berasal dari berbagai daerh seperti Jogja, Purworejo, Kebumen, Klaten, Solo, Boyolali dan Jakarta. Acara ini juga mengenalkan onderdil sepeda antik, souvernir, dan jajanan tradisional. "Ada beberapa yang kami sajikan disini, kami memperkenalkan onderdil sepeda antik, souvernir, dan jajanan tradisional," kata Towil.

Acara ini tidak hanya sebagai ajang silaturahmi antar komunitas sepeda, namun juga memiliki pesan yang ingin disampaikan panitia kepada masyarakat. "Ayo bersepeda, kembalikan sepeda sebagai alat transportasi ramah lingkungan," pungkasnya. (Ahmad Mahfudi)

BERITA REKOMENDASI