Merdeka Berkarier, Mahasiswa IP UMY Dibekali Sertifikasi Kehumasan

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – 39 mahasiswa Ilmu Pemerintahan (IP) UMY mengikuti pelatihan Kehumasan (Public Relation) di Yats Colony, Rabu (12/01/2022). Program kolaborasi dengan Lembaga Sertifikasi Profesi UMY ini dibuat untuk memberikan banyak pilihan mahasiswa untuk memilih karier ketika lulus kelak.

PIC Sertifikasi Kompetensi Mahasiswa Ilmu Pemerintahan UMY, Sakir Ridho Wijaya, mengatakan pihaknya ingin serius mempersiapkan kompetensi mahasiswa untuk dimanfaatkan setelah lulus. Berbagai pilihan pelatihan tersertifikasi diprogramkan untuk mahasiswa seperti kehumasan hingga pemberdayaan masyarakat.

“Saat ini kami berikan pelatihan PR pada 39 mahasiswa IP terpilih dari kelas reguler dan internasional. Pembicara yang dihadirkan dari Lembaga Sertifikasi Profesi UMY yang juga dosen-dosen komunikasi. Sertifikasi ini jadi poin plus untuk mahasiswa, ini diakui di Asia Tenggara dan beberapa negara Asia. Harapannya kompetensi ini jadi modal mahasiswa ketika nantinya lulus dan bekerja,” ungkap Sakir di sela pelatihan.

Di sisi lain, Ilmu Pemerintahan UMY ingin memberikan nilai plus pada mahasiswanya terutama untuk membedakan dari IPDN yang selama ini mendominasi lulusan serapan kerja Ilmu Pemerintahan. UMY berharap, pilihan berkarier lulusan nantinya lebih beragam karena memiliki sertifikasi kompetensi.

“Kami dari pengelola, berusaha lebih peka terhadap kebutuhan pasar. Persaingan kita ketat apalagi lulusan IPDN. Kami ingin membekali mahasiswa agar bisa lebih luas dalam bidang pekerjaan nantinya. Misalnya konsultan branding politik dan sebagainya. Kami memberi kompetensi lebih untuk mereka,” sambung dia.

UMY juga berusaha menjawab tantangan Kemendikbud-Ristek yang mengusung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Mahasiswa kini diminta tak hanya terkungkung pada lingkup yang dipelajaru saja namun dituntut berjejaring dan bisa masuk ke berbagai sektor.

“Mahasiswa kami harapkan tidak terkungkung di prodi tapi bisa keluar bekerja di berbagai bidang. Ini menjawab tantangan Mas Menteri Nadiem dengan Merdeka Belajar Kampus Merdeka,” ungkapnya lagi. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI