Merica Manjur Mencegah Rematik dan Asam Urat

Editor: Ivan Aditya

MERICA atau lada putih selama ini dikenal sebagai bumbu masakan, menambah rasa pedas pada makanan. Ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk kesehatan, di antaranya pencegah rematik dan asam urat. Dalam Serat Jampi Jawi tinggalan leluhur yang berisi hampir 291 resep jamu Jawa yang kini masih relevan untuk dilestarikan, meski banyak obat-obat produksi pabrik.

“Lelara kang disandhang wong tuwa utawa lansia biasane nyeri sendi urawa bagian otot, yen kumat krasa lara banget. Unjukana ramuan merica, godhong kates, temu ireng, godhong tarum lan uyah sethithik, mesthi enggal waras”. Umumnya orang tua atau lansia sering menderita nyeri sendi atau bagian otot, kalau kumat rasanya sakit sekali. Minumlah ramuan merica, daun pepaya, temu ireng, daun tarum dan sedikit garam pasti sembuh. Demikianlah kutipan Serat Jampi Jawi yang kini masih dilestarikan, sampai sekarang mengenai manfaat merica untuk kesehatan tubuh.

Caranya, tumbuk semua bahan hingga halus, campur dengan air panas sedikit kemudian diperas dan diminum sehari dua kali. Bagi kalian yang mempunyai bekas jerawat agar kulit tetap halus, merica bisa juga mengatasi kesehatan kulit tersebut. Haluskan merica bersama sedikit air, sebelumnya dibubuk menjadi halus. Bisa dipakai masker di wajah selama 10-15 menit, baru kemudian dibilas dengan air bersih. Niscaya bekas jerawat, akan hilang dan kulit wajah menjadi halus mengkilap.

Kanker prostat pada pria, sering mengganggu aliran darah pada kandung kemih, akibatnya sulit buang air kecil dan secara tidak langsung akan mempengaruhi kesuburan pria dewasa. Untuk menghindari itu, sangat baik untuk mengonsomsi ramuan yang mengandung merica secara teratur.

Bagi yang sering mengalami sakit kepala, yang mengakibatkan aliran darah ke otak terhambat. Umumnya hal ini karena kurang istirahat, masuk angin, stres dan lain sebagainya sehingga mempengaruhi fungsi otak. Ternyata merica mampu menenangkan saraf yang tegang, yang menyebabkan aliran darah ke otak menjadi lancar membuat rasa sakit kepala hilang.

Ketiak sering mengeluarkan aroma yang tidak sedap, nah untuk mengusir bau tak sedap tersebut haluskan merica secukupnya, kemudian campur dengan sirih, minyak zaitun untuk diusapkan ke ketiak tersebut secara rutin. Bau tak sedap, pada ketiak akan hilang.

Bagi mereka yang sering flu membuat hidung tersumbat, bisa diatasi dengan merica. Kandungan dekongestan alami, mampu mengencerkan penumpukan lendir dalam saluran pernapasan. Caranya, gampang sekali yakni campurkan merica pada makanan yang berkuah seperti sup kemudian dimakan, dan hidung tersumbat akan reda.

Merica dicampur dengan madu akan menjadi antibiotik yang menghasilkan panas, sehingga mampu mencegah batuk. Campurkan bubuk lada putih atau merica dengan madu untuk kemudian diminum, pagi atau sore hari. Disamping itu merica ternyata bisa juga mampu menurunkan demam, menjaga suhu tubuh agar tetap normal. Caranya, tambahkan setetes minyak kemiri pada kain kemudian gunakan sebagai kompres, niscaya suhu tubuh pun akan berkurang secara perlahan.

Itulah sedikit kegunaan merica atau sering disebut lada putih untuk kesehatan, bagi leluhur mewariskan kepada generasi muda sebagai tambahan pengetahuan tamba teka lara lunga yang ternyata masih patut untuk dilestarikan. (Sutopo Sgh)

BERITA REKOMENDASI