Meski Ada Ancaman, Aksi Damai di Tugu Berlangsung Lancar

YOGYA, KEDAULATAN-RAKYAT.com – Aksi damai dengan menyalakan lilin serta doa bersama yang digagas aliansi Merawat Pancasila untuk Indonesia (Merapi)  berlangsung selama 30 menit di Tugu Pal Putih Yogyakarta, Rabu (10/05/2017) malam.

Kegiatan diawali menyalakan lilin dilanjutkan doa bersama, orasi dan diakhiri dengan menyanyikan lagu nasional, . Usai bernyanyi bersama, koordinator aksi pun langsung menutup kegiatan dan meminta peserta aksi untuk pulang ke rumah masing-masing. Meskipun aksi telah dinyatakan usai, ratusan warga tetap tinggal di tempat dengan terus menyanyikan lagu-lagu nasional.

"Lilin sebagai simbol kedukaan terhadap peristiwa yang terjadi. Jangan lagi ada rasisme dan sentimen agama dalam politik," ujar koordinator kegiatan, Pedro Inharto kepada awak media.

Baca Juga : Aksi Seribu Liling di Tugu Dukung Kebhinekaan

Sebelumnya, beredar ancaman mengenai pembubaran aksi damai dari sebuah kelompok masyarakat. Pedro pun tidak menampik adanya ancaman tersebut. Namun, pihaknya sangat bersyukur ratusan warga telah dapat berkumpul dan berdoa bersama dalam aksi damai ini.

"Memang ada ancaman yang beredar, tapi ya sudahlah yang penting kami bisa berkumpul dan berdoa bersama disini, itu dah cukup bagi kami," pungkasnya.

Salah seorang peserta aksi damai Agata Sekarwangi (19) mengaku keikutsertaannya ikut menyuarakan aspirasi untuk Indonesia damai dan berkeadilan.

Tembakan peringat sempat dikeluarkan polisi ketika ada sekelompok massa yang mencoba melakukan provokasi meski aksi sebenarnya sudah selesai. (MG-10)

BERITA REKOMENDASI