Meski Pandemi, Minat Studi ke Eropa Tetap Tinggi

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Minat belajar ke Uni Eropa tinggi, lebih dari 4.000 pelajar Indonesia berangkat ke Eropa setiap tahunnya, dan secara keseluruhan terdapat lebih dari 8.500 mahasiswa dan dosen yang saat ini sedang menuntut ilmu di Eropa.

“Setiap tahunnya, 1.600 pelajar dan dosen Indonesia memperoleh beasiswa dari Uni Eropa, melalui program Erasmus+, dan juga dari Negara-negara anggotanya,” jelas Duta Besar Uni Eropa Vincent Piket dalam pembukaan European Higher Education Fair (EHEF) 2020 atau pameran pendidikan Eropa terbesar di dunia.

Dalam rilis yang diterima KRJogja.com, Selasa (24/11) disebutkan EHEF 2020 kembali digelar di Indonesia. Edisi ke-12 ini dihelat secara online 21-28 November 2020 diikuti 140 institusi pendidikan tinggi terkemuka dari 12 negara Uni Eropa yaitu Belgia, Perancis, Jerman, Italia, Belanda, Denmark, Spanyol, Irlandia, Finlandia, Swedia, Hungaria, Polandia, serta Inggris dan Swiss.

“Meskipun pandemi Covid-19 melanda seluruh negara Eropa, jumlah mahasiswa dan dosen Indonesia yang berkunjung ke Eropa melalui program Erasmus+ tahun ini berjumlah 255 orang. Setiap tahunnya programme Erasmus+ juga memberikan kesempatan kepada lebih dari 200 pelajar dan dosen dari Eropa untuk mengikuti pertukaran pelajar,” jelas Piket.

BERITA REKOMENDASI