Meski Tak Ada Zona Merah, Dandim Yogyakarta Ingatkan Tetap Waspada

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Komandan Kodim (Dandim) 0734 Yogyakarta, Letkol Inf Erwin Ekagita Yuana mengingatkan meskipun angka persebaran Covid-19 di wilayah kota ini tidak menunjukkan zona merah, namun tetap kewaspadaan harus terus ditingkatkan. Secara epidemiologis Kota Yogyakarta merupakan kawasan yang padat sehingga jangan hanya daerah terdapat kasus positif Covid-19 saja yang mendapat fokus perhatian, tetapi seluruh wilayah harus tetap diwaspadai.

“Harapannya semua masyarakat di Kota Yogyakarta tetap waspada dan tidak panik. Tetapi mengikuti arahan gubernur untuk mengurangi aktivitas keluar rumah bila tidak penting, mengurangi berkumpul dengan banyak orang, rajin melakukan cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, meningkatkan stamina tubuh dengan perilaku hidup bersih dan sehat,” tegas Erwin Ekagita Yuana di Makodim 0734 Yogyakarta, Rabu (09/06/2021).

Sebagai satuan teritorial tertinggi di tingkat wilayah kota maupun kabupaten, jajaran Kodim memiliki tanggungjawab untuk menjaga serta melindungi keselamatan masyarakat. Termasuk salah satunya melindungi masyarakat dari wabah penyakit berbahaya seperti Covid-19.

Kodim Yogyakarta juga selalu gencar melakukan berbagai upaya pencegahan. Dengan 14 Koramil jajaran yang ada, Kodim Yogyakarta menggerakkan seluruh prajuritnya melalui Bintara Pembina Desa (Babinsa) untuk membantu masyarakat dalam memerangi Covid-19.

“Melalui Babinsa berbagai program terus dilakukan jajaran Kodim mulai dari membagikan masker kepada masyarakat, melakukan penyemprotan desinfektan, menyediakan tempat untuk mencuci tangan maupun kegiatan penegakan prokes (protokol kesehatan) lainnya. Prajurit juga saya perintahkan untuk tak segan menegur atau memperingatkan pengelola suatu tempat jika terjadi kerumunan warga,” jelasnya.

Erwin Ekagita Yuana yang juga selaku Wakil Ketua Satgas Covid-19 Kota Yogyakarta menegaskan bersama jajaran terkait seperti Kepolisian, Satpol PP, prajuritnya terus rutin melakukan patroli wilayah di titik-titik keramaian. Bahkan tak jarang prajurit Kodim Yogyakarta dilibatkan untuk melakukan tracing suatu wilayah saat ditemukan ada salah seorang warga yang positif Covid-19.

“Prajurit Kodim Yogyakarta bersama Kepolisian dan pemerintah daerah akan selalu mengawal program pemberantasan Covid-19 ini. Perang terhadap wabah ini belum usai, prajurti akan bersama rakyat untuk melawan musuh yang bernama Covid-19 itu,” tegasnya. (Van)

BERITA REKOMENDASI