Mewujudkan Tahun 2021 Rumah Tangga Bebas Sampah

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Saat masa pandemi Covid-19, Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Dosen Sekolah Pascasarjana UGM, fokus mengedukasi pengelolaan bank sampah di perkotaan. Program dengan memanfaatkan lingkungan yang ada untuk menopang kehidupan dan lebih memberdayakan ekonomi masyarakat.

“Ini adalah tahun pertama kami laksanakan di wilayah RW 11 Suryodiningratan, Mantrijeron Yogya. Kegiatan fokus dan berkelanjutan, pada tahun 2021 semua rumah tangga bebas sampah dan tahun 2022 bisa menjadi kampung wisata, sebagai percontohan,” ucap Ketua Pelaksana PKM Dr Ahmad Zubaidi MSi.

Disampaikan oleh Zubaidi, dipilihnya RW 11 Suryodiningratan dari rekomendasi Dinas Lingkungan Hidup dan data keberhasilan pengelolaan Bank Sampah Suryo Gemati di RW 11. “RW 11 di lingkungan perkotaan, kelompok-kelompok terbagi merata dalam pengelolaan sampah yang dikembangkan dengan agro tanaman sayuran, toga. Sistematis dan terpadu dalam menjaga lingkungan dan ciptakan ekonomi, ekologi dan lingkungan seimbang,” tambah Prof Rum Giyarsih. (R-4)

BERITA REKOMENDASI