MICE Jadi Harapan Kebangkitan Pariwisata DIY

YOGYA, KRJOGJA.com – Industri pariwisata DIY dapat mengandalkan wisata Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE) yang masih dalam kondisi pandemi Covid-19 pada 2021 ini. Wisata MICE di DIY ini membidik target pasar utama instansi pemerintah dengan tetap menjalankan dan memberlakukan protokol Cleanliness, Health, Safety, and Environment (CHSE) yang telah disyaratkan atau disosialisasikan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

“Jasa wisata MICE menjadi salah satu harapan kebangkitan pariwisata di DIY, khususnya kegiatan MICE yang diselenggarakan instansi pemerintah setidaknya untuk tahun ini,” ujar Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata (Dispar) DIY Marlina Handayani kepada KR di Yogyakarta, Kamis (14/1).

Marlina menuturkan industri pariwisata DIY sangat terdampak signifikan sejak pandemi Covid-19 mulai Maret 2020. Pariwisata DIY sudah menjadi penyumbang ketiga terbesar setelah industri pengolahan dan konstruksi pada perekonomian DIY dan berkontribusi langsung kepada PDRB DIY sebesar 10,4 persen. Pasca vakum karena pandemi sejak awal hingga pertengahan tahun 2020 lalu, kegiatan MICE di DIY telah aktif kembali belum lama ini.
” Untuk itu, wisata MICE bisa menjadi salah satu yang patut diperhitungkan khususnya dalam mendukung pariwisata berkualitas di DIY di masa pandemi Covid-19 yang belum kunjung berakhir,” tandasnya.

BERITA REKOMENDASI