Milad Tapak Suci ke-57, Kukuh Pertahankan Pancasila dan Olahraga Aman di Normal Baru

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Perguruan Beladiri Tapak Suci Putra Muhammadiyah merayakan milad ke-57, Minggu (9/8/2020) malam di Kantor DPD RI DIY. Anggota dari berbagai daerah dan negara mengikuti melalui virtual sesuai penerapan protokol kesehatan penceganan penularan virus Covid-19.

Ketua Pimpinan Pusat Tapak Suci, Afnan Hadikusumo memimpin langsung perayaan sederhana yang dilakukan semalam. Tahun ini seluruh pihak memaknai berbeda sebuah perayaan, karena adanya pandemi Covid-19.

Afnan mengatakan di usia 57 tahun, Tapak Suci tetap berkomitmen menjaga Pancasila serta keutuhan NKRI dalam setiap gerak yang dilakukan. Menurut dia, gaung Tapak Suci yang sudah dikenal luas hingga dunia internasional diharapkan bisa menjadi modal peguruan tersebut bisa membentuk kesan baik Indonesia di mata dunia.

“Tapak Suci mengajarkan seni beladiri yang berlandaskan pada kekuatan, ketrampilan, keindahan, dan kecepatan dalam setiap jurus-jurusnya. Untuk menguatkan hubungan kepada Alloh SWT, setiap kader Tapak Suci akan membaca lafadz “la haula wala quwwata illa billah” yang artinya “tidak ada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan Allah” manakala menghadapi lawan-lawannya. Apabila pedoman tersebut diterapkan, insyaallah seluruh anggota Tapak Suci bisa mencerminkan keindonesiaan yang sebenarnya,” ungkap Afnan.

Di era pandemi Covid ini, beberapa kegiatan Tapak Suci memang terhenti seperti penyelenggaraan kejuaraan nasional remaja, Pembangunan Gedung Sekretariat, Pembangunan Padepokan, Tanwir di Malang, dan Pelatihan program IT selama tiga kali. Namun, Tapak Suci kini tengah mempersiapkan diri untuk memastikan sebagai salah satu olahraga aman di era kenormalan baru.

“Kami berusaha melakukan peningkatan kualitas administrasi, kualitas pelatih, kualitas atlit, dan mengembangkan pendataan anggota melalui program IT untuk tetap mendorong prestasi. Selain itu, kami juga menyusun protokol kesehatan dalam kegiatan yang dilakukan untuk meminimalisir penularan virus. Ini penting sekali agar kita tetap sehat baik jiwa dan raga,” tandas Afnan yang juga salah satu anggota DPD RI dari DIY.

BERITA REKOMENDASI