Milenials Cantik Pilih Jadi Abdi Dalem, Ini Alasannya

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Abdi Dalem Kraton Yogyakarta yang berusia muda (generasi  milenal / milenials) jumlahnya cukup banyak. Menurut Putri Dalem, GKR Mangkubumi, kebanyakan Abdi Dalem berusia muda itu sebagai penari, sinden atau pemusik.

”Sebelum diangkat sebagai Abdi Dalem, mereka sebelumnya magang di Kraton terlebih dahulu,” kata GKR Mangkubumi kepada KR, Jumat (27/12). Salah satu Abdi Dalem milenials yang mengikuti wisuda adalah Anita Lestyaningrum SS atau NyiMas Jajar Anita rimongmatoyo sebagai penari putri di Kawedanan Hageng Punakawan Kridhamardawa.

Anita mengaku tertarik menjadi Abdi Dalem supaya bisa turut menjaga budaya Yogyakarta tetap lestari. Ia pun selalu memberi contoh dan mengajak kaum muda lainnya untuk peduli dengan budaya Yogyakarta agar tidak hilang.

”Saya kuliah di Sastra Jepang FIB UGM. Dulu sempat terpikir belajar bahasa asing tapi kok tidak mengenal budaya sendiri. Dari situlah saya bergabung di kegiatan mahasiswa untuk kesenian tradisional Yogya. Lama-lama semakin senang dan akhirnya bisa menjadi Abdi Dalem   Kraton,” katanya.

 

BERITA REKOMENDASI