Miliki Angkringan Membaca, SMPN 1 Sleman Juara Lomba Perpustakaan

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – SMP Negeri 1 Sleman meraih penghargaan sebagai juara 1 lomba perpustakaan tingkat Kabupaten Sleman tahun 2019. Lomba digelar Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sleman dengan peserta sekolah jejang SD, SMP maupun MTs baik negeri maupun swasta.

"Penghargaan ini tentu saja menjadi kebanggaan bagi seluruh keluarga besar SMPN 1 Sleman. Ini adalah buah kerja keras dari semua pihak yang selalu berperan aktif mengembangkan perpustakaan di sekolah kami," kata Kepala Sekolah SMPN 1 Sleman, Hj Nurul Wachidah MPd saat beraudiensi di redaksi KRJOGJA.com, Kamis (20/6).

Pengembangan perpustakaan sekolah memang terus digencarkan dalam beberapa tahun terakhir dalam rangka menumbuhkan minat baca dan perkembangan pengetahuan siswa. Selain itu sekolah juga mengaktifkan siswa siswinya terlibat dalam pembuatan buletin, dan meningkatkan literasi siswa dan pengajar.

"Sekolah kami adalah tertua yang ada di Kabupaten Sleman, berdiri sejak tahun 1946 dan telah banyak prestasi yang ditorehkan. sehingga penghargaan ini sebagai bukti kami kepada masyarakat bagaimana usaha kami mengembangkan fasilitas bagi pemahaman materi para putra putri yang disekolahkan ditempat kami," tambahnya.

Kepala sekolah dan siswa SMPN 1 Sleman saat beraudiensi di redaksi KRJOGJA.com. Foto: Bella

Saat ini perpustakaan SMPN 1 Sleman memiliki sekitar 2.000 koleksi buku. Selain buku, fasilitas juga didesain sehingga siswa nyaman berkunjung ke perpustakaan, diantaranya dengan penyediaan wifi bagi siswa untuk mengakses buku buku digital yang terintegrasi dengan perpustakaan daerah.

”Bahkan kami menyulap gerobak angkringan menjadi pojok membaca, sehingga siswa nyaman dalam menccari dan membaca buku. Angkringan membaca juga menghapus stigma atau anggapan perpus adalah ruangan yang menakutkan dan membosankan," tambahnya. (Git)

 

BERITA REKOMENDASI