Dibangun Empat Lantai, Pasar Prawirotaman Dikelola Modern

Editor: Ivan Aditya

Sedangkan lantai 4 berfungsi sebagai area Co-Working Space. Akses vertikal dalam bangunan pasar, tidak hanya menggunakan tangga konvensional, tetapi juga lift dan traverllator dan juga dilengkapi tangga darurat.

“Bangunan ini di desain dengan konsep green building, di mana penggunaan energi di dalam bangunan dapat diminimalisir sehingga ramah lingkungan. Disamping itu, sistem pemadaman kebaran juga disiapkan sesuai standar proteksi kebabaran, antara lain dilengkapi dengan smoke detektor, fire alarm, sprinker dan hindrat pemadaman. Jadi meski tidak menggunakan AC, tapi karena konsep green building, ketika ada yang merokok, maka akan mengaktifkan smoke detektor, dan alarm kebakaran bekerja,” ujar Affi.

Total luas bangunan pasar 8.377 m2 dengan kapasitas tampung 619 pedagang. Setelah selesainya pembangunan, maka asetnya akan diserahkan ke Pemkot Yogyakarta. Sedangkan pengelolaan pedagang dan penatausahaan pasar akan dilakukan oleh dinas terkait.

Dihubungi terpisah, Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti membenarkan jika Presiden merespons usulan rehabilitasi Pasar Prawirotaman. Dalam pertemuan di Gedung Agung tersebut, Jokowi memberikan respons positif dengan syarat agar pasar tradisional itu nantinya dikelola modern. Jadi tidak sekadar jadi pasar biasa.

BERITA REKOMENDASI