Modus KK Famili Lain Ditemukan dalam PPDB Kota Yogyakarta

Editor: Ary B Prass

YOGYA, KRJogja.com – Forum Pemantau Independen (Forpi) Kota Yogyakarta melakukan pemantauan terkait pelaksanaan PPDB untuk jalur zonasi wilayah, Selasa, (15/6/2021). Dalam pemantauan ini, Forpi Kota Yogyakarta menemukan modus famili lain pada kartu keluarga (KK) diduga untuk mempermudah calon siswa dari luar daerah (luar Kota Yogyakarta) diterima di sekolah negeri di Kota Yogyakarta.

Dari dua sekolah tingkat SMP yakni SMP N 15 dan SMP N 5 Kota Yogyakarta, Forpi Kota Yogyakarta menemukan status famili lain pada berkas pendaftaran calon peserta didik baru.  Anggota Forpi, Baharuddin Kamba menyebut, jumlah famili lain dalam KK muncul semakin banyak di sekolah yang dianggap favorit.

“Dari dua sekolah kami pantau hari ini setidaknya ada 10 berkas sebagai uji petik atau sampel. Dari 10 berkas itu ada lebih dari satu berkas yang menggunakan status famili lain dalam kartu keluarga bahkan jumlahnya cukup banyak untuk sekolah yang dianggap favorit, misalnya di SMP N 5 Kota Yogyakarta,” ungkap Kamba dalam pernyataan tertulis.

BERITA REKOMENDASI