Moeldoko: Kontribusi Pesantren Besar Bagi Bangsa

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Kepala Staf kepresidenan RI Jenderal TNI Purn Moeldoko mengakui pesantren sudah memberi kontribusi besar bagi bangsa dan negara. Antara lain pesantren telah berhasil dalam membangun karakter bangsa.

"Jadi tepat sekali kalau bapak ibu menempatkan anaknya di pesantren," kata Moeldoko yang saat kecil digebleng di sebuah surau di Kebiri.

Hal itu disampaikan pada puncak acara Haul ke-31 Almaghfurlah KH Ali Maksum di Pesantren Krapyak, Sabtu (4/1) malam.

Acara juga dihadirii Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi, Dubes RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel, KH Was Abdul Ghofur Maimun, KH Bahauddin Nur Salim dan ribuan umat Islam.

Sebelumnya Wamenag Zainut Tauhid Sa'adi, mewakili Menteri Agama, Fahru Rozi mengungkapkan, almaghfurlah KH Ali Makan merupakan ulama yang perlu diteladani dan mempunyai jasa besar bagi bangsa dan negara.

"Hingga saat ini keteladanan beliau dan para ulama lain masih sangat dibutuhkan umat, terutama menghadapi kondisi saat ini," katanya.

Bersamaan dengan peringatan Haul, para alumni Ponpes Krapyak mengadakan terongan, yaitu tradisi makan bersama dengan nampan dan lauknya terong goreng atau terong bakar. Kegiatan ini diikuti para alumni yang sudah berkiprah di berbagai bidang dan berbagai penjuru. Ikut makan bersama dalam kesempatan ini antara lain KH Asyhari Abta, KH Abdul Muhaimin, KH Habib A Syakur dan tokoh lainnya. (Fie)

 

 

 

BERITA REKOMENDASI