Motivasi Siswa SMA Muhi, Sandiaga: Jangan Jadi Generasi Rebahan

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRJOGJA.com – Masa pandemi Covid-19 ini setiap orang dituntut untuk selalu berpikir kreatif. Saat ini penopang perekonomian Indonesia yang terbesar Usaha Mikro Kecil dan Menengah(UMKM) dan kewirausahaan. Hanya UMKM dan kewirausahaan yang saat ini bisa memberikan lapangan kerja dan membangkitkan ekonomi umat. Untuk menjadi entrepreneur yang sukses dibutuhkan kreativitas, inovasi dan kemampuan daya saing yang kuat.

“Saya berharap siswa SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta mampu berperan penting dalam kewirausahaan karena memiliki penguasaan teknologi. Jadilah kalian agen perubahan, jangan jadi generasi rebahan,” kata Dr Sandiaga Salahudin Uno BBA MBA, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparmenkraf) RI dalam Puncak Milad ke-72 SMA Muhammadiyah 1 (Muhi) Yogyakarta, Jumat (08/10/2021) secara online melalui kanal Zoom dan YouTube.

Menurut Sandiaga, kuncinya keberhasilan sekarang ini dengan melakukan adaptasi, penguasaan teknologi dan kolaborasi. "Terapkan prinsip Etos Kerja 4-As yakni Keras, Cerdas, Tuntas dan Ikhlas serta jangan lupa kalian harus menjadi generasi yang berakhlakul Karimah” tandasnya.

Sedangkan Kepala SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta, Drs H Herynugroho MPd menuturkan, SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta, dalam upaya untuk menumbuhkan kemandirian, kreativitas, dan kesadaran belajar tersebut, selama pandemi ini sekolah telah melaksanakan berbagai program unggulan untuk menghasilkan lulusan yang berdaya saing global.

Program unggulan tersebut diantaranya setiap siswa setiap dituntut menjadi entrepreneur muda yang mampu menghasilkan produk yang bernilai jual tinggi. “Para siswa dibimbing guru membuat karya batik ecoprint, pembuatan berbagai macam kerajinan dan pengolahan berbagai jenis makanan nusantara. Meskipun masih belajar dari rumah namun para siswa tersebut tetap berkarya dan tugas dikumpulkan dalam bentuk video yang sangat kreatif,” paparnya.

BERITA REKOMENDASI