MPLS SD Mubayo, Dikemas Menyenangkan, Siswa Semangat Ikuti Kegiatan

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRJOGJA.com – Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SD Muhammadiyah Bausasran yang dilaksanakan selama tiga hari mulai Rabu (12/7) sampai Jumat (15/7) disambut antusias oleh siswa. Hal itu bisa dilihat dari antusiasme siswa saat mengikuti berbagai kegiatan di sekolah serta tidak adanya siswa yang absen. Adanya pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia memaksa kegiatan pembelajaran dilakukan secara terbatas. Tidak mengherankan begitu kegiatan pembelajaran dilakukan secara tatap muka (PTM), siswa jadi semangat untuk datang ke sekolah.

‎”Kegiatan MPLS di SD Mubayo diisi dengan berbagai macam kegiatan. Diantaranya pengenalan lingkungan sekolah, guru maupun karyawan. Permainan game seperti tebak gambar, salat dhuha, serta kegiatan di luar kelas.

Semua kegiatan sengaja kami kemas secara menyenangkan supaya bisa merasa nyaman dan lebih semangat dalam belajar,”kata Kepala SD Mubayo ‎Suwarjo‎ MPd didampingi Supartini SPd dan Admin Dapodik SD Mubayo Fatimah‎ disela-sela pelaksanaan MPLS di sekolah tersebut, Rabu (13/7).
Kegiatan MPLS di SD Mubayo dipantau langsung oleh Perwakilan dari PDM Kota Yogyakarta Rohmad.‎

Supartini mengatakan, meski baru hari per‎tama masuk sekolah, tapi siswa kelas 1 terlihat mandiri dan semangat dalam belajar. Buktinya begitu sampai di sekolah mereka bisa cepat beradaptasi, sehingga tidak perlu ditunggu oleh orangtua. Selama mengikuti MPLS, siswa tidak sekadar dikenalkan dengan lingkungan sekolah, tapi juga ditanamkan tentang pentingnya ilmu agama dan pembentukan karakter.

“Pembelajaran akademik saja tidak cukup jadi harus diimbangi dengan pembentukan karakter dan ilmu agama. Kami sengaja menanamkan ilmu agama dan pembentukan karakter itu sejak hari pertama masuk sekolah. Tentunya semua itu dikemas secara menyenangkan agar siswa tidak merasa terbebani,”terangnya. (Ria)

BERITA REKOMENDASI