Muchild Teenager’s Choir Raih Gold Medal di Ajang International

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Pandemi memang tidak menyurutkan prestasi. Hal ini dibuktikan tim Paduan Suara SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta Muchild Teenager’s Choir (MTC) yang berhasil meraih Gold Medal dalam kategori Youth Choir. Prestasi itu diraih pada kompetisi 10th Bali International Choir Festival (BICF) 2021 yang diadakan di Bali, 1-5 Desember 2021 (Online Edition).

BICF merupakan kompetisi paduan suara pertama yang diikuti oleh MTC secara daring. Menurut penuturan Eko Nur Hidayat, S.Sn selaku Waka Kesiswaan awalnya kami tidak terfikir untuk mengirim peserta paduan suara mengingat situasi dan kondisi yang belum normal. Namun melihat potensi minat dan bakat dari siswa maka kami mencoba melakukan latihan dengan system Blended Learning dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan yang ketat.

MTC yang terdiri dari 36 orang ini mengikuti Virtual Choir dengan kategori Youth Choir untuk usia 13-18 tahun. Dalam kategori tersebut, mereka menyanyikan lagu, Soleram yang berasal dari Provinsi Riau dengan Conductor Odhi Pratama Maizan,M.Pd.

Meskipun ini merupakan kompetisi daring pertama yang diikuti, MTC telah mempersiapkannya sejak dua bulan sebelum pelaksanaan. Persiapan dimulai dari audisi siswa yang di ikuti kurang lebih 500 peserta dari kelas 7 dan 8 , hingga latihan secara online dan face to face.

Di tengah agenda sekolah yang padat namun para siswa dan orangtua selalu kompak dalam memberikan dukungan untuk mengembangkan minat dan bakat siswa. Selain itu, di awal-awal proses latihan, peserta lomba terbagi di tempat latihan daring dan langsung, sehingga proses sinkronisasi latihan juga menjadi tantangan tersendiri.

Namun terlepas dari berbagai kendala, Mahadewi Raisa mewakili tim MTC sangat bersyukur dapat membawa gelar juara. Ia berharap ke depannya akan lebih banyak inovasi yang membanggakan.

Naning Hidayati,S.Pd selaku Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah mengucapkan terima kasih kepada Bapak/Ibu Orangtua , Siswa dan segenap pihak yang sudah memberikan dukungan kepada tim Paduan Suara SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. “Karena dukungan mereka, kami dapat memberikan yang terbaik dalam kompetisi kemarin,” pungkasnya. (*)

BERITA REKOMENDASI