Mudik Lokal Boleh Tapi Hindari Kegiatan Pemicu Kerumunan

Kebijakan Pemerintah Pusat tentang mudik, DIY disebut sebagai kawasan aglomerasi Yogya Raya yang mencakup lima wilayah yakni Kota Yogyakarta, Kabupaten Sleman, Bantul, Kulonprogo dan Gunungkidul. Pemerintah membolehkan mudik lokal di internal kawasan aglomerasi Yogya Raya ini.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) siap menerapkan pengendalian transportasi di masa sebelum, selama dan sesudah peniadaan mudik. Langkah ini untuk menindaklanjuti Surat Edaran Satgas No 13 tentang Peniadaan Mudik Idul Fitri dan Upaya Pengendalian Covid-19 Selama Bulan Ramadan beserta adendumnya yang telah diterbitkan Satgas Penanganan Covid-19.

Khusus untuk pengendalian di masa pelarangan mudik, telah dituangkan dalam Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 13 Tahun 2021 tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Idul Fitri 1442 H/Tahun 2021 Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19. Pengendalian ini untuk mendukung upaya mencegah lonjakan kasus Covid-19 seperti yang sempat terjadi pascalibur panjang beberapa bulan terakhir.

BERITA REKOMENDASI