MUI DIY Anjurkan Salat Idul Fitri di Rumah, Begini Pertimbangan dan Tata Cara Pelaksanaanya

YOGYA, KRJOGJA.com – Majelis Ulama Indonesia Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (MUI DIY) meminta masyarakat untuk melaksanakan salat Idul Fitri di rumah akibat merebaknya pandemi Covid-19. Hal itu diatur dalam Tausiah MUI Nomor A-465/MUI-DIY/V/2020 sebagaimana sudah ditetapkan Fatwa MUI Nomor 28 Tahun 2020 tentang Panduan Kaifiat Takbir dan Salat Idul Fitri saat Pandemi Covid-19.

Sesuai surat resmi yang ditandatangani Ketua Umum MUI DIY KH Thoha Abdurrahman dan Sekretaris Umum MUI DIY KRT Drs H Ahma Mukhsin Kmaulauddingrat mempertimbangkan bahwa salat idul fitri hukumnya sunnah muakadah dan boleh dilakukan sendiri tanpa khutbah atau dilakukan berjamaah dengan khutbah dan khutbah itu hukumnya bukan rukun.

Surat yang juga ditandatangani Komisi Fatwa MUI DIY Prof Dr Drs KH Makrus Munajat SH, MHum dan Dr H Oman Fathurohman SW Mag, itu mempertimbangkan bahwa setiap orang wajib melakukan iktiar menjaga kesehatan dan menjauhi setiap hal yang dapat menyebabkan terpapar penyakit, karena hal itu merupakan bagian dari menjaga tujuan pokok beragama (al Dharruriyat Al-Khams).

BERITA REKOMENDASI