MUI DIY Anjurkan Salat Idul Fitri di Rumah, Begini Pertimbangan dan Tata Cara Pelaksanaanya

“Saat kondisi darurat seperti ini dan pada sampai 1 Syawal 1441 H, kondisi dikuatirkannya risiko penularan covid-19, maka dianjurkan diselenggarakan di rumah masing-masing. Jika dilakukan di masjid atau lapangan berpeluang terjadinya penyebaran virus secara massal,” demikian KH Thoha Abdurrahman melalui keterangan resminya.

Lalu, bagaimana tata cara melaksanakan salat idul fitri di rumah?, berikut penjelasan selengkapnya

1. Suci dari hadas atau najis dimulai dengan ucapan shollatu jamiah
2. Menghadap kiblat
3. Niat salat idul fitri
4. Mengucapkan Takbiratul Ihram (Allahu Akbar sambil mengangkat kedua tangan, kemudian membaca doa iftitah dan membaca takbir sebanyak 7 kali dengan mengangkat kedua tangan dan disela-sela takbir membaca tasbih secara sirri atau pelan)
5. Membaca Surat Alfatihah dan surat pendek dari Al Quran yang dihafal, ruku, sujud, duduk diantara sujud dan sujud kedua serta berdiri lagi
6. Pada rakaat kedua membaca takbir lima kali seraya mengangkat tangan di sela-sela takbir membaca tasbih secara sirri atau pelan. Kemudian membaca surat Al-Fatihah dan surat pendek dengan diakhiri salam.
Setelah selesai salat dua rakaat, seorang imam melanjutkan membaca khutbah singat selama lima menit atau tidak membaca khutbah tidak apa-apa, hukumnya salat idul fitri dianggap sah
7. Salat idul fitri yang dilakukan di rumah dapat dilakukan secara berjamaah dan dilakukan sendiri. (*)

BERITA REKOMENDASI