Muncul Klaster Baru di Sleman, Posko Desa di DIY Diminta Proaktif Intensifkan Pengawasan

YOGYA(KR) – Posko penanganan Covid-19 atau Satgas di tingkat desa dan kelurahan harus meningkatkan monitoring atau pengawasan secara intensif guna meminimalisir penularan virus Korona di DIY. Hal ini berkaca dengan munculnya klaster baru Covid-19 di dua pedukuhan yang ada di Sleman belum lama ini. Selain itu, daerah asal atau domisili pelaku perjalanan maupun pemudik diharapkan mampu menjadi filter awal alias hulunya supaya mempermudah hilirnya dalam meminimalisir gesekan di tingkat desa supaya mengurangi penyebaran pandemi Covid-19.

Wakil Ketua Sekretariat Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Pemda DIY Biwara Yuswantana mengatakan artinya ini menjadi tantangan bagi posko desa maupun satgas desa sebagai garda terdepan untuk meningkatkan pengawasan karena berdasarkan pengalaman dari berbagai daerah, klaster baru yang terjadi di dua padukuhan di Sleman bukan hal yang baru. Sebelumnya muncul klaster-klaster Covid dari pengajian, hajatan, arisan dan sebagainya.

“Ini yang perlu diingatkan kembali protokol kesehatan, sebab ketika orang sudah berkumpul acapkali mereka lupa memakai masker dan tidak menjaga jarak. Secara tidak sadar, dia itu kembali kepada kebiasaan-kebiasaan lama apalagi lama tidak bertemu dengan saudara atau sanak keluarganya di ajang tersebut menjadi kesempatan bertemu lalu kemudian menjadi lepas kontrol,” ujarnya di Yogyakarta, Jumat (2/4).

BERITA REKOMENDASI