Muncul Transmisi Lokal, DIY Harus Lakukan Pencegahan Serius

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Wakil Ketua DPRD DIY Huda Tri Yudiana menegaskan, status transmisi lokal penularan Covid-19 di DIY harus segera diikuti langkah pencegahan masif dan serius. Apalagi sampai saat ini, Pemda DIY maupun tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 belum terlihat ada perubahan tindakan signifikan.

“Sejauh ini langkah dan kebijakan yang diambil masih umum-umum dan sama saja. Padahal kondisinya sudah sangat berbeda. Di sejumlah tempat umum tetap saja ramai dan tidak teratur dalam protap pencegahan,” ujar Huda, Jumat (8/5).

Dicontohkan Huda, beberapa pasar tradisional maupun modern. Terlihat ramai sekali dan minim pelaksanaan protap pencegahan. Jarak antar penjual dan pembeli juga tidak terjaga, dan sebagainya. Banyak warga saat beraktivitas di luar rumah juga tidak pakai masker, tidak jaga jarak. Ini menunjukkan seolah-olah tidak ada apa-apa.

Mengenai imbauan agar tidak panik, dibenarkan oleh Huda. Hanya saja jangan sampai menjadi kehilangan kewaspadaan. Itu yang membahayakan. Petugas juga jarang terlihat di tempat tempat umum untuk meingatkan warga agar taat protap.

BERITA REKOMENDASI