Murid SD Main Gobak Sodor di Taman Pintar, Ada Apa?

YOGYA (KRjogja.com) – Suasana di Taman Pintar Jumat (09/09/2016) terlihat berbeda dari biasanya. Ratusan siswa dari SD Muhammadiyah Sokonandi berkumpul dan memainkan permainan tradisional seperti egrang, dakon, gobak sodor hingga ingkling. 

Kepala SD Muhammadiyah Sokonandi, Hadi Nuryanto mengatakan sengaja mengajak anak-anak muridnya untuk bermain permainan tradisional sebagai peringatan Hari Olahraga Nasional tahun 2016. Saat ini sudah tidak banyak anak yang mengenal permainan tradisional yang mungkin menjadi mainan para orang tua dan nenek kakek mereka dahulu. 

"Kami memiliki misi untuk memperkenalkan permainan tradisional, dan ternyata anak-anak sangat antusias. Kami sangat bahagia bisa melihat murid-murid aktif seperti hari ini, sehat dan cerdas," ungkapnya. 

Dalam acara tersebut, anak-anak memang terlihat antusias memainkan permainan yang tak lagi familiar saat ini seperti gobak sodor. "Tadi anak-anak memang agak asing permainan gobak sodor tapi kita berikan pemahaman dan ternyata bisa," imbuhnya. 

Nuryanto berharap langkah kecil SD Muhammadiyah Sokonandi ini bisa melestarikan permainan tradisional yang ada di Indonesia. "Paling tidak 18 permainan yang dimainkan hari ini bisa lestari, semoga bisa diikuti sekolah-sekolah lain," pungkasnya. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI