Museum Dharma Wiratama Bersolek, Telan Anggaran Hingga Rp 2 M

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Mabes TNI AD akan merevitalisasi Museum Dharma Wiratama Yogyakarta. Bangunan yang terletak di sisi belakan museum akan direvitalisasi untuk mendukung ruang multimedia yang telah ada sebelumnya. Dalam pengerjaan ini setidaknya Mabes TNI AD menganggarkan dana hingga Rp 2 miliar.

Museum yang dahulu merupakan Markas Tertinggi Tentara Keamanan Rakyat ini dibangun di atas lahan seluas kurang lebih 1.564 meter persegi. Bangunan tua ini terbagi atas 21 ruang, dimana tiap-tiap ruangnya difungsikan untuk menyimpan beberapa benda bersejarah zaman perjuangan.

Kepala Badan Pelaksana Museum Monumen Pusat (Balakmusmonpus) Dinas Sejarah TNI AD, Kolonel (Arm) Hery Purwanto SIP menjelaskan revitalisasi Museum Dharma Wiratama sebenarnya telah dilakukan sejak dua tahun silam. Proyek perbaikan dibagi menjadi empat tahap, dimana saat ini telah memasuki tahap yang ketiga.

“Tahap pertama yakni mengerjakan ruang induk 1 – 5 pada tahun 2017, tahap kedua pada ruang 6 – 10  pada tahun 2018. Saat ini memasuki revitalisasi tahap ketiga yakni mengerjakan ruang 11 – 18 dan untuk tahun depan akan menggarap ruang 19 – 21,” ungkapnya di Museum Dharma Wiratama.

Hery Purwanto mengatakan revitalisasi tahap tiga ini telah dimulai sejak bulan April lalu dan ditargetkan akan rampung Oktober mendatang. Ruang yang dilakukan perbaikan yakni lorong bagian belakang untuk nantinya akan dilengkapi dengan ruang multimedia berbasis IT sehingga dapat terkoneksi dengan ponsel para pengunjung saat berada di area museum.

“Nantinya akan dikombinasikan dengan ruang multimedia. Saat ini sudah ada ruang pamer yang belakang, kami tata dan diperbarui. Jadi tidak menambah bangunan baru, namun hanya memperbaiki dan menyempurnakan saja,” jelasnya.

Saat ini tempat bersejarah yang dahulu pernah dijadikan Markas Korem 072 Pamungkas tersebut rata-rata perhari dikunjungi 100 wisatawan. Hery Purwanto menargetkan jika revitalisasi telah selesai hingga tahap keempat maka museum ini akan dikunjungi sekitar 1.000.000 wisatawan perhari.

Sementara itu Kepala Museum Dharma Wiratama Yogyakarta, Kapten (Caj) Yanti Murdiani menambahkan revitalisasi ini juga merupakan bagian dari Dinas Sejarah TNI AD untuk lebih mengenalkan museum kepada masyarakat. Perwira pertama (Pama) ini berharap dengan penyempurnaan yang dilakukan maka minat masyarakat untuk mengunjungi Museum Dharma Wiratama dapat semakin meningkat.

“Ada berbagai cara kita lakukan agar minat masyarakat mengunjungi Museum Dharma Wiratama menjadi tinggi. Selain dengan menjalin kerjasama dengan komunitas-komunitas, kami juga bekerjasama untuk menyelenggaraan kegiatan di tempat ini sehingga masyarakat dapat lebih mengenal Museum Dharma Wiratamam,” jelasnya. (Ive)

BERITA REKOMENDASI