Museum Ki Hadjar Dewantara Mulai Direvitalisasi

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA (KRjogja.com) – Museum Dewantara Kirti Griya satu komplek dengan Pendapa Agung Tamansiswa di Jalan Tamansiswa Yogyakarta, adalah tempat untuk mengkaji teori-teori Ki Hadjar Dewantara. Ki Hadjar itu bukan hanya Pejuang Pendidikan tetapi juga Bapak Pendidikan Indonesia.

"Orang lain banyak yang mengkaji teori Ki Hadjar, maka orang Tamansiswa harus bisa mengembangkannya," kata Wakil Ketua Umum Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa Ki Supriyoko saat memberikan sambutan pada peresmian revitalisasi Museum Dewantara Kirti Griya, Rabu (17/8).

Untuk menjaga ajaran Ki Hadjar jangan sampai mati, Supriyoko akan mengajak Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya agar mengetahui apa saja yang sudah dilakukan oleh Ki Hadjar.

Sementara Kepala Museum Dewantara Kirti Griya Nyi Muryani menjelaskan, Ki Hadjar seorang visioner pendidikan di tingkat internasional, wartawan, aktivis, komposer, budayawan, politisi, pahlawan nasional dan juga sebagai Bapak.

Revitalisasi museum untuk memperdalam isi dan permahaman tengang Ki Hadjar Dewantara dan sekolah Tamansiswa, serta memperluas auidiens dengan tetap mempertahankan esensi museum rumah yang dahulu merupakan tempat tinggal Ki Hadjar Deweantara dan keluarganya. Revitalisasi untuk memapaparkan sejarah dan nilai-nilai pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan Tamansiswa dan mendukung Program Wajib Kunjung Museum. (War)

BERITA REKOMENDASI