Museum Ki Hadjar Dewantara Sudah Menerima Tamu

YOGYA, KRJOGJA.com – Museum Dewantara Kirti Griya (MDKG) yang merupakan museum Ki Hadjar Dewantara sudah kembali menerima tamu sejak Rabu 1 Juli 2020 kemarin. MDKG melayani pengujung Senin – Kamis pukul 09.00 – 12.00. Penjelasan ini disampaikan oleh Edukator MDKG Candra Daty Novitasari SPd, Kamis (2/7).

“Pengunjung harus mematuhi protokol kesehatan pandemi Covid-19,” kata Candra. Pengunjung mengenakan masker, periksa suhu tubuh, cuci tangan sebelum dan sesudah masuk museum.

Di dalam museum setap ruangan hanya diperbolehkan tiga orang pengunjung. Menjaga jarak baik antara sesama pengunjung maupun pengunjung dengan benda koleksi museum. MDKG tadinya merupakan rumah tempat tinggal Ki Hadjar Dewantara. Koleksi museum tersebut benda-benda milik Ki Hadjar. Pengunjung bisa melihat koleksi dan mendapat penjelasan tentang sejarahnya dari edukator museum.

Pada hari-hari sebelum terjadi pandemi, MDKG banyak mendapat kunjungan dari rombongan pelajar dan mahasiswa dari dalam dan luar daerah. Ada pula pengunjung perorangan yang umumnya karena tugas terkait studi lanjut.

Selain museum juga ada perpustakaan yang berisi buku tulisan Ki Hadjar maupun penulis lain yang berkaitan dengan pendidikan, kebudayaan dan pengetahuan lainnya. Museum dan perpustakaan berada di satu area MDKG, di sebelah kanan Pendapa Agung Tamansiswa Jalan Tamansiswa Yogyakarta. (War)

BERITA REKOMENDASI