Naik KA Jarak Jauh, Cukup Hasil Negatif GeNose

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – PT KAI Daop 6 Yogyakarta mulai mengoperasikan resmi alat tes GeNose C19 Jumat (5/2/2021). Lima alat siap dioperasikan di Stasiun Yogyakarta untuk calon penumpang KA jarak jauh.

Manajer Humas Daop 6 Yogyakarta, Supriyanto mengatakan hasil GeNose dapat digunakan sebagai syarat menggunakan KA jarak jauh. Hasil GeNose menurut dia sudah setara dengan hasil Rapid Test Antigen dan Swab PCR yang berlaku 3 x 24 jam.

“Jadi, besok 5 Februari GeNose mulai dioperasikan secara resmi, sementara satu di Pasar Senen dan satu di Stasiun Yogyakarta. Ada lima alat di Yogyakarta, hasilnya bisa digunakan penumpang untuk syarat naik KA jarak jauh, tapi harus negatif,” ungkapnya pada wartawan, Kamis (4/2/2021).

Terkait harga tes GeNose, Supriyanto mengatakan untuk sementara PT KAI memberlakukan harga Rp 20 ribu. Hasil tes dapat diketahui dalam rentang waktu lima menit.

“Tapi harapan kami calon penumpang tetap mempersiapkan waktu lebih panjang, paling tidak H-1 keberangkatan untuk mencegah antrean. Hasil tes GeNose ini sama dengan swab antigen dan PCR, cukup untuk syarat penumpang,” ungkapnya lagi. (Fxh)

 

BERITA REKOMENDASI