Narasoma Juara Lagi di Piala Raja

LOMBA seni suara alam burung derkuku tingkat nasional Piala Raja HB Cup diikuti derkuku-derkuku berkualitas dari berbagai daerah di Indonesia. Derkuku bernama Narasoma milik B2W BF Sleman berhasil mempertahankan gelar juara I Kelas Senior Piala Raja HB Cup 2016 di Alun-alun Selatan Kraton Yogyakarta, Minggu (25/09/2016).

Derkuku ini pada even yang sama, tahun sebelumnya berhasil menjadi juara I, sehingga tahun depan jika berhasil mempertahankan gelar berhak memboyong trofi bergilir replika Mahkota Raja menjadi trofi tetap. Adapun juara I di Kelas Junior ditempati derkuku bernama Basudewa dengan pemilik yang sama. Juara I Kelas Pemula berhasil ditempati Metal milik Bambang WS asal Turi Sleman.

Ketua Persatuan Pelestari Derkuku Seluruh Indonesia (PPDSI) Pengda DIY, Supriyadi menjelaskan, lomba ini rutin terselenggara setiap tahun, hasil kerjasama PPDSI Pusat,  PPDSI Pengda DIY dan Dinas Pariwisata DIY. Tahun ini diikuti 180 derkuku dari berbagai daerah, paling banyak dari Jawa, bahkan ada juga peserta dari Bali dan Lombok. Dengan kegiatan ini antara lain berdampak positif bagi usaha pelestarian satwa derkuku.

“Selain itu akan memberi banyak manfaat bagi para deku mania di seluruh Indonesia dan masyarakat lebih luas, seperti yang terkait bidang pariwisata, pembuatan kerajinan sangkar, penyedia pakan dan aneka pendukung beternak derkuku,” ungkap Supri.

GBPH Yudhaningrat mewakili Kraton Yogyakarta berharap peserta dapat menerima kenyataan, baik ketika derkuku kesayangannya menang maupun kalah. Even seperti ini penting untuk terus dilaksanakan, sebab tak hanya memberi manfaat bagi penggemar dan peternak derkuku saja. (Yan)

BERITA REKOMENDASI