Narasoma Tak Terkalahkan di Piala Raja

LOMBA Seni Suara Alam Burung Derkuku Piala Raja HB Cup 2017 digeber di Alun-alun Selatan Kraton Yogyakarta, Minggu (24/9/2017). Derkuku dengan nama Narasoma milik B2W BF asal Sleman tak terkalahkan dan kembali menjadi juara I Kelas Senior. Prestasi ini pun pernah diraih pada even serupa, yakni pada 2016 dan 2015, sehingga piala bergilir menjadi piala tetap untuk Narasoma.

“Alhamdulillah, pada umur yang keempat tahun ini Narasoma sudah tiga kali berturut-turut terpilih menjadi juara I Kelas Senior Piala Raja HB Cup,” ungkap Sigit Irianto yang sehari-harinya biasa merawat Narasoma.

Ditemui usai lomba, Sigit menjelaskan, kualitas derkuku ini baik suara depan, tengah maupun ujung di atas rata-rata. Indukannya pun berasal dari trah juara, sehingga sudah mempunyai dasar serta mental yang bagus. Jenis pakan wujud biji-bijian pun seperti beras merah dan otek dipilih yang kualitas bagus. Selain itu Narasoma juga sudah dikawinkan dengan betina trah juara, namun beberapa hari sebelum dilombakan dipisah terlebih dahulu untuk disiapkan turun di lomba.

GBPH H Drs Cakraningrat mewakili Sri Sultan HB X dalam sambutannya antara lain mengungkapkan, dengan digelarnya even lomba skala nasional seperti ini dapat membawa banyak dampak positif. Bagi para penggemar derkuku atau deku mania antara lain akan berlomba-lomba merawat derkuku sebaik mungkin, sehingga bisa menjadi derkuku berkualitas atau kelas lomba.  Selain itu berpengaruh juga pada usaha pakan derkuku, sangkar sampai bidang pariwisata termasuk semakin banyak resto maupun warung makan kelarisan.

“Berbagai jenis lomba seputar hobi banyak didukung Kraton Yogyakarta dan Pemda DIY karena ‘multiplayer effect,’ baik dari segi kepariwisataan sampai usaha budidaya ataupun pelestarian satwa seperti derkuku,” tuturnya. (Yan)

BERITA REKOMENDASI